Thursday, February 2

Berdiri di Atas Kaki Sendiri


Judul Film: Ocean Heaven
Pemain: Jet Li, Zhang Wen, Lunmei Kwan
Tahun rilis: 2010
Sutradara: Xue Xiaolu
Produser: William Kong, Hao Lee, Ma Hefeng

Film ini bercerita tentang kekuatan hubungan Ayah dan Anak. Ini adalah film drama pertama yang dibintangi oleh Jet Li. Dalam film ini juga kita bisa belajar banyak tentang kasih sayang, kesabaran dan semangat pantang menyerah, selain juga menerima kelebihan dan kekurangan seorang penderita autistik. Film ini dimulai dengan cerita menyedihkan dimana sang ayah ingin menenggelamkan dirinya beserta anaknya ke dasar samudera. Ia mengikat kakinya dengan batu sebagai pemberat, tapi anaknya yang tidak faham apa-apa, berusaha sekuat tenaga untuk berenang, dan mereka selamat.

Sam Wong (Jet Li) hampir putus asa, ia mengkhawatirkan anaknya. Dengan penyakit kanker ganas yang dimilikinya, ia masih harus mengurus anaknya, Dafu (Zhang Wen) yang mengidap autistik. Hingga usianya sekarang 20 tahun, Dafu masih harus dibantu dalam melakukan banyak hal. Sam harus segera menjadikan Dafu mandiri, untuk persiapan kelak jika dirinya meninggal dunia. Dengan sabar ia melatih Dafu: memasak, naik kendaraan umum dan menghafal jalan, memakai dan melepas pakaian, bekerja, membereskan rumah, dan lain sebagainya. Berulang kali ia menekankan pada Dafu, bahwa pada suatu hari nanti ayahnya akan pergi selamanya, dan Dafu harus tetap menjalani kehidupannya sendiri. Banyak scene mengharukan saat Dafu harus frustasi karena kesalahan yang dilakukannya. Misalnya saat ia harus naik kendaraan umum sendirian dan ternyata menyebabkan keributan, atau saat masak dan tidak berhasil memecahkan sebutir telur, atau saat bekerja. Sam bekerja di sebuah aquarium air laut di dekat rumahnya. Karena Dafu sangat mahir dalam berenang, ia seringkali mengikuti Sam ke tempat kerjanya. Dafu diberikan satu tanggung jawab dari tempat kerja Sam, yaitu memberi makan ikan sambil berenang. Dafu sangat suka ‘berbicara’ dengan hewan. Pada satu ketika saat ayahnya hampir tenggelam, Dafu memanggul ayahnya. Sejak itu, Sam menanamkan pada Dafu bahwa kelak ayahnya akan pergi dan menjelma menjadi penyu, untuk terus berada di samping Dafu.

Karena kondisinya yang semakin parah, Sam mulai mencari alternatif tempat tinggal untuk Dafu. Ia menelpon beberapa panti asuhan, namun tidak ada yang mau menerima karena usia Dafu yang sudah dewasa. Saat hampir putus asa, Sam kembali ke sekolah lama Dafu dan memohon mereka untuk mengurus Dafu kelak jika ia sudah tidak ada. Ikatan yang sudah terbentuk antara Ayah-Anak itu, membuat Dafu sempat mogok saat ditinggal sendirian di rumah penampungan tersebut. Ia bahkan tidak mau disentuh orang lain untuk sekedar menggantikan bajunya. Dengan berat hati Sam akhirnya ikut tinggal di tempat tersebut dan perlahan melatih Dafu kembali.

Dafu juga mengalami satu kisah cinta di lokasi kerja Sam. Pada satu ketika, Dafu bertemu dengan Ling Ling (Lunmei Kwai ) yang bekerja sebagai seorang badut di sirkus dekat aquarium ayahnya. Dengan caranya sendiri, ia jatuh cinta pada Ling Ling. Namun sayang, karena habis masa kerjanya, Ling harus mengikuti rombongan sirkusnya untuk pindah ke tempat lain. Sebelum pergi, Ling Ling mengajarkan Dafu untuk berbicara melalui pesawat telepon.

Bagaimanakah ending dari film ini? Bisakah Dafu menerima tentang konsep kematian yang ditanamkan oleh Sam? Lalu bagaimana cerita hidup Dafu selanjutnya? Silahkan cari dividi-nya ato bisa gugling untuk donload ^_^

Kelebihan film ini adalah pada nilai-nilai implisit yang diangkat. Cinta. Tema abadi sepanjang masa, tak lekang zaman dan tak kenal usia. Cinta seorang ayah terhadap anaknya, cinta seorang manusia terhada sesama, dibungkus rapi dan ditampilkan dengan haru dalam film ini. Satu catatan penting untuk para orang tua. Kita harus sadar bahwa kita tidak akan hidup selamanya. Seorang anak memang akan bersandar pada orang tuanya, namun orang tua harus mengajarkan bahwa seorang anak harus berdiri di atas kakinya sendiri, menjadi mandiri sebenar-benarnya.

Kekurangan film ini? Ga ada actionnya, hehehe... Kerenlah pokoke ^_^



1 comment: